JENIS RANTAI BESI - www.asmarines.com

JENIS RANTAI BESI

Jenis rantai yang kedua adalah rantai besi. Rantai besi ini bersifat keras, tetapi jika dibandingkan dengan rantai baja, tentunya tingkat kekerasannyapun berbeda karena memang sifat dari logam besi itu sendiri.

Sedangkan pengertian dari rantai besi ini sendiri sama dengan rantai baja, bedanya hanya pada materialnya yang terbuat dari logam besi.

Dan kegunaan dari jenis rantai besi ini adalah untuk mengangkat beban yang tidak terlalu berat, menarik benda yang tidak terlalu berat, mengikat barang dan ada sebagian orang yang menggunakan rantai besi untuk dekorasi ruangan di rumahnya, pagarnya dan juga dekorasi di perkantoran dan mall-mall.

Note* : Rantai besi sangat tidak disarankan untuk pengangkatan dengan beban yang sangat berat

Jenis rantai besi ini dapat dibedakan menjadi 3 tipe yaitu diantaranya :

  • Rantai Galvanis
Rantai Galvanis adalah rantai besi, yang diluarnya dilapisi dengan lapisan galvanis ( seng ) agar terhindar dari proses pengaratan / korosi. Rantai jenis ini khusus diaplikasikan untuk mengangkat beban yang tidak terlalu berat. Dan biasanya rantai galvanis ini digunakan pada aplikasi offshore yang membutuhkan rantai yang memiliki ketahanan terhadap karat. Rantai Galvanis yang kami juga memiliki nilai breaking load yang cukup besar, tetapi kami sarankan untuk tidak menggunakan rantai galvanis ini untuk digunakan pada beban yang mendekati kapasitas dari Rantai itu sendiri. Setiap orang yang menggunakan rantai untuk aplikasi angkat, sudah seharusnya tidak menggunakan rantai untuk mengangkat beban yang beratnya setara dengan nilai breaking load maksimal dari rantai tersebut.
Jika anda membutuhkan rantai Galvanis untuk aplikasi yang ingin anda terapkan dilapangan, silahkan kunjungi website kami :


  • Rantai Stainless Steel
Rantai Stainless Steel adalah rantai yang dilapisi dengan finishing stainless steel. Lapisan stainless steel ini lebih mengkilap atau berkilau, berbeda dengan finishing Galvanis. Rantai jenis ini mengandung kandungan stainless steel dengan nilai SUS 304 dan 316. Rantai ini banyakan digunakan untuk aplikasi Dapra, Lashing, Pemberat Trawl, Pagar, Dekorasi Ruangan dan masih banyak lagi.
Jenis rantai stainless ini memiliki karakteristik lemah, sehingga tidak disarankan untuk digunakan sebagai alat angkat. Rantai jenis ini biasa hanya digunakan sebagai penghias, pengikat dan pemberat saja.
Jika anda membutuhkan rantai Stainless Steel untuk dekorasi rumah atau kantor anda dan juga untuk aplikasi lainnya yang cocok dengan rantai ini, silahkan kunjungi website kami :
 
  • Rantai Besi Standard 
Jenis Rantai Besi yang terakhir adalah rantai besi standard. Rantai Besi tipe ini tidka dilapisi dengan lapisan apapun, sehingga tidka cocok digunakan pada tempat yang memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga rawan korosi, seperti pinggir pantai dan juga dilautan lepas. Kegunaan dari Rantai Besi Standard ini hampir sama dengan rantai dengan finishing galvanis, yaitu untuk mengangkat beban dan juga menarik beban. Bedanya, rantai ini hanya bisa diaplikasikan pada daerah yang tidak rawan terhadap korosi ataupun pengaratan.
 Jika anda membutuhkan rantai besi standard untuk aplikasi yang ingin anda terapkan dilapangan, silahkan kunjungi website kami :

Sumber Artikel :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar