KELEBIHAN DAN KEKURANGAN JANGKAR KODOK - www.asmarines.com

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN JANGKAR KODOK

Jangkar Kodok adalah salah satu jangkar yang dibuat / didesain pertama kali oleh produsen Jangkar pada abad ke 19. Awalnya jangkar kodok dibuat hanya satu jenis saja, tetapi seiring perkembangan jaman, bentuk dari jangkar kodok ini dibuat dalam beberapa tipe yaitu diantaranya :

  • Jangkar Kodok Tipe Hall


















  • Jangkar Kodok Tipe Byers















  • Jangkar Kodok Tipe Spek














  • Jangkar Kodok Tipe Union




















KELEBIHAN JANGKAR KODOK


Setelah anda tahu bentuk-bentuk dari keempat tipe jangkar kodok yang ada, selanjutnya anda perlu tahu tentang kelebihan dari kesemua tipe jangkar kodok tersebut. Karena memang, walaupun berbeda tipe, tetapi keempat tipe jangkar kodok tersebut memiliki kelebihan yang sama. Apa sajakah kelebihan-kelebihan yang dimiliki jangkar kodok ini :

  1. Jangkar Kodok didesain untuk semua jenis kapal yang mengarungi perairan air laut dengan berbagai macam karakter dasar laut ( berkarang, berbatu, berpasir, berlumpur, dan lain-lain).
  2. Desain dari jangkar kodok memiliki bagian bawah yang sangat keras, yang terbuat dari besi baja cor sehingga dapat menandingi karang saat keduanya saling bertabrakan.
  3. Bobot bagian bawahnya yang berat dan keras dapat menghadapi dasar laut yang berpasir.
  4. Jangkar kodok memiliki kemampuan mencengkeram yang baik, sehingga dapat mencengkram dasar laut yang berpasir maupun berlumpur.
  5. Desainnya dan konstruksinya yang sederhana, membuatnya mudah untuk ditangani atau dioperasikan.

KEKURANGAN JANGKAR KODOK

Setelah kita membahas tentang kelebihan jangkar kodok, maka ada baiknya anda juga harus mengetahui tentang kekurangan dari jangkar kodok ini. Karena dengan mengetahui tentang kekurangan dari jangkar kodok ini, nantinya akan dapat menjadi sebuah pertimbangan dalam memilih tipe jangkar yang anda butuhkan yang paling sesuai dengan kebutuhan anda saat berlayar nanti. Dan kekurangan-kekurangan yang dimiliki jangkar kodok ini diantaranya :
  1. Jangkar kodok tidak memiliki tongkat pemisah antara bagian lengan dan bagian cakarnya, sehingga dapat tersangkut jika terjadi kesalahan saat turun di dasar laut.
  2. Jika jangkar terus menerus tertarik kapal saat didasar laut, bagian lengannya yang panjang dan berat dapat terperosok kedalam pasir laut, sehingga tidak dapat mencengkeram di bagian cakarnya.
Dengan adanya informasi ini, kami harapkan anda dapat mengetahui, kebutuhan jangkar tipe apa yang anda butuhkan saat anda berlayar nanti. Pastikan anda mengetahui kondisi dasar laut tujuan kapal anda berlabuh nantinya.

Sumber artikel :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar