JENIS KAWAT SELING - www.asmarines.com

JENIS KAWAT SELING

Kawat seling adalah wire rope atau yang dapat disebut juga dengan kawat baja, dan wire rope atau kawat baja ini dipotong dengan ukuran tertentu dan ditekuk disalah satu atau dikedua ujungnya, kemudian dibentuk mata sebagai alat kait untuk alat angkat, alat tarik, ataupun alat ikat.

Kawat seling dibuat dengan beraneka ragam jenis kawat seling, dan tiap-tiap jenis kawat seling tersebut memiliki fungsi dan tentunya digunakan pada aplikasi yang berbeda-beda pula. Bagi anda yang belum mengetahui apa saja jenis kawat seling yang sudah ditetapkan standardnya oleh badan-badan standarisasi dunia, ada baiknya anda membaca artikel jenis kawat seling ini sebagai tambahan pengetahuan anda.

Beberapa jenis kawat seling yang ada diantaranya :
  1. Hand Splice
  2. Mechanical Splice
  3. Socket
  4. Stop End
  5. Wire Clip Splice 

JENIS KAWAT SELING HAND SPLICE

Jenis-Kawat-Seling-Hand-Splice

Jenis kawat seling yang pertama adalah jenis kawat seling hand splice yang artinya dibuat menggunakan tangan manusia yang tentunya dengan alat khusus yang terbuat dari besi yang fungsinya untuk menganyam tiap-tiap strand kawat seling tersebut.


JENIS KAWAT SELING MECHANICAL SPLICE

Jenis-Kawat-Seling-Mechanical-Splice

Jenis Kawat seling yang kedua adalah jenis kawat seling mechanical splice yang artinya dibuat menggunakan mesin press atau mesin talurit. Mesin ini bekerja dengan cara melakukan pengepressan pada ferrule yang sudah dikaitkan pada tali baja. Berikut adalah gambar dari mesin press kawat seling tersebut.
Cara-Membuat-Jenis-Kawat-Seling-Mechanical-Splice



JENIS KAWAT SELING SOCKET

Jenis-Kawat-Seling-Socket

Jenis kawat seling yang ketiga yaitu jenis kawat seling socket yang artinya dibuat manual menggunakan alat tambahan yang dinamakan dengan socket yang dikaitkan menggunakan resin atau cairan pengeras agar antara tali baja dan socket menempel dan terkunci kuat. Berikut ini adalah cara membuat kawat seling dengna menggunakan socket.

Cara-Membuat-Jenis-Kawat-Seling-Socket



JENIS KAWAT SELING STOP END

Jenis-Kawat-Seling-Stop-End

Jenis kawat seling yang keempat yaitu jenis kawat seling stop end yang dibuat sama seperti mechanical splice yaitu dengan menggunakan mesin press ferrule, tetapi bedanya dalam pembuatannya, tali baja yang telah dipotong tidak ditekuk, melainkan langsung di press dengan ferrule diujungnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda lihat pada gambar diatas.


JENIS KAWAT SELING WIRE CLIP SPLICE

Jenis-Kawat-Seling-Wire-Clip

Jenis kawat seling yang terakhir yaitu jenis kawat seling wire clip splice yang artinya dibuat manual menggunakan tangan manusia dan kunci pas. Alat yang digunakan untuk membuat kawat seling wire clip splice ini adalah dengan wire clip seperti gambar diatas.

Sumber artikel :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar